Wednesday 25 January 2017

LULUS PLN!



Selamat malam, finally bisa nepatin janji setelah sekian lama janji mau nulis soal perjalanan kenapa bisa lulus PLN hehe. Um, mesti dijabarin dari mana, ya? Baiklah, dimulai dari perjuangan pertama kali aja ya.

Pertama kali aku ikut tes PLN itu waktu ada rekrutmen sekitar bulan Mei tahun 2015. Waktu itu aku baru 3 bulan kerja di perusahan properti rumah mewah di Palembang. Waktu itu masih banyak temen seangkatan aku yang ikutan daftar karena memang kami baru wisuda beberapa bulan sebelumnya. Waktu itu aku gagal di tahap kesehatan fisik.

Pada saat itu tes kesehatan dilaksanakan di klinik Pramita di Jalan Veteran. Entahlah, aku gak tahu kurangnya di mana karena setiap instansi beda penilaian. Semua punya grade penilaian kesehatan yang beda. Dulu, waktu tes di PT Pusri aku lulus tes kesehatannya. Um, setelah kupikir-pikir, bisa jadi aku gak lulus waktu tes mata. Waktu itu aku inget betul, pegawainya salah kasih instruksi. Dia bilang baris ketiga, tapi yang aku baca baris keempat, pokoknya beda lah yang mana yang dia mau dan aku baca. Mungkin selain memang bukan rezekiku waktu itu, mungkin di situ letak gagalnya perjuanganku waktu itu.

Kemudian pada tes kedua, sekitar bulan Desember 2015 aku ikut lagi. Setiap proses tes gak pernah aku lewatin dengan kata “nyoba aja”. Aku paling pantang soal masa depan buat coba-coba. Kalo memang gak mau ya mending gak usah ikut. Jadi waktu tes kedua ini aku gagal lagi, kali itu di kesehatan lab. Padahal waktu itu, aku inget banget setiap hari Minggu aku jogging bareng adek tingkatku demi supaya bisa lulus tes kesehatan. Sampe waktu itu pas banget gerhana matahari, orang pada solat di masjid, lah kami malah jogging haha. Saking niatnya.

Dan, lagi-lagi masih belum rezekiku. Entahlah, aku bingung, aku ini sakit apa, sih? Padahal olahraga udah rajin, makan sayur, buah, dll, tapi kok masih gak lulus? Kita kesampingkan dulu lah yang namanya rezeki. Rezeki bakal ngikutin kalo kita usaha maksimal, kan? Waktu itu kami tes kesehatan di rumah sakit Siloam.
Setelah gagal, hampir di tahap terakhir berulang kali, aku makin koreksi diri. Di mana letak kurangnya? Jadi, dengan niat yang semakin diluruskan, waktu itu aku ikut tes Indonesia Power dan berniat perbaiki pola makan. Memang waktu itu aku gak peduli lah soal badan mau gendut lah, apalah, sampe berat badanku tembus 53 kg. Setelah kupikir-pikir, apa iya aku punya kolesterol? Semenjak itulah aku mulai berniat buat bener-bener jaga badan. Waktu itu aku gagal di tahap akademik.

Setelah beberapa waktu, PLN kembali membuka rekrutmen, bulan Oktober 2016. Lagi-lagi, dengan niat yang penuh dan semakin diluruskan, aku ikutan lagi. Gak ada gentar sedikitpun. Alhamdulillah sejauh itu aku berhasil melewati tahap tes yang mengandalkan otak supaya bisa lulus. Waktu itu jumlah peserta yang lulus ke tahap GAT ada 3.676 orang. Kemudian setengahnya lulus ke tahap Akading, kemudian setengahnya lagi lulus di tahap psikotes, kemudian setengahnya lagi lulus di tahap kesehatan fisik, dan yang paling bikin stres mikirin jumlah peserta dari jurusanku, Adminisitrasi Bisnis atau Niaga waktu itu 60 orang, dan tadaaaa yang lanjut ke tahap wawancara hanya 26 orang. 

Dan, alhamdulillah aku menjadi bagian dari 18 orang yang kemudian lulus sampai tahap akhir dan masuk ke angkatan 57 dan bakal berangkat tanggal 4 Februari 2017 ini untuk mengikuti kesamaptaan.
Gimana sih bisa lulus tes laboratorium?

Dari ada pengumuman rekrutmen PLN aku udah mulai nyiapin senjata, apaan senjatanya? Cek kesehatan ke dokter. Waktu itu, bahkan sebelum ada pengumuman lulus administrasi aku udah cek kadar gula darah, kolesterol, dan asam urat. Waktu itu kadar gula darahku normal, aku lupa berapa. Kadar asam urat 6,5 yang seharusnya cewek itu maksimal 5. Dan kadar kolesterolku luar biasa tinggi, 210! Dari situ aku sadar, wajarlah kalo sebelumnya aku gagal. Lah wong kolesterolku di atas batas normal. 

Semenjak itu aku dibilangin dokter gak boleh makan sayur-sayuran warna hijau, wajarlah waktu itu aku gak lolos, aku malah lalapin tuh sayur hijau. Ini katanya supaya asam uratnya turun, gak boleh juga makan kacang-kacangan. Gak boleh makan gorengan, mesti diet dan olahraga. Jadi, mulailah aku cari-cari di internet apa aja yang mesti dimakan biar cepetan sehat. Waktu itu aku dapet info kalo asam urat bisa cepet turun dengan minum jus seledri, terus kolesterol turun degan minum infus water dari lemon. Jadilah waktu itu aku diet ketat, aku makan ikan kalo gak dikukus ya dipanggang. Tiap malem minum jus seledri, dicampur mangga, pepaya, biar gak muntah.

Siangnya minum lemon, atau gak paginya pas bangun tidur dikasih garam dikit biar gak sakit perut. Setelah hampir satu bulan dan waktu itu udah masuk tahap psikotes ternyata seledri beneran ampuh, asam uratku turun jadi 3,5, tapi kolesterolku susah banget turun, jadi 200. Sementara aku mesti dapet angka di bawah itu biar bisa lulus. Jadilah aku beli obat kolesterol di apotek dengan resep dokter, aku lupa apa namanya, tapi cari aja di apotek pasti ada.

Nah salahnya aku waktu itu masih gak bisa nahan, masih lah nyolong makan bakso sama steak padahal udah diet ketat banget. Sampe beneran aku turun 2 kg. Jangan ditiru lah, kalo niat mesti maksimal biar hasilnya maksimal. Jadi waktu itu asam uratku turun lagi jadi 3, tenang banget rasanya. Jadi ngurangin minum jus seledri karena gak boleh berlebihan juga. Kolseterolku malah naik jadi 207. Pasti gara-gara nyolong makan bakso tuh. Jangan ditiru!

Waktu itu aku udah lulus tes kesehatan fisik, kami tes di R. S. Siloam lagi. Sampailah H-1 tes laboratorium. Beneran gelisah, aku mutusin buat cek lagi. Ternyata kadar kolesterolku naik lagi jadi 211. Beneran lemes waktu itu, mana ada yang bilang standard PLN 150 buat kolesterol. Rasanya pasrah banget. Sampe lah pas ambil darah dokternya nanya: 
“Ada riwayat kolesterol tinggi?”
Aku nggeleng aja, muka polos gitu. Eh begonya nanya lagi: “Emang berapa batesnya, dok?” sambil masang muka datar.
“Oh, 200 normalnya. Emang udah pernah cek?” Dasaran emang geblek akunya.
“Kemaren sempet 207, dok.”
“Oh, gak apa.”
Padahal jantung rasanya mau copot kalo-kalo gak lulus lagi tes lab.
Selain jaga makan, aku juga rutin olahraga sehabis solat subuh. Minimal jalan kaki 10 menit lah depan rumah. Aku juga kadang push up dan kawan-kawan biar makin afdol. Dan alhamdulillah dikasih kesempatan buat lulus.

Dari kesemua usaha yang ada, yang paling penting adalah niat dan restu orangtua. Solat wajib tepat waktu, solat tahajjud, solat hajat, baca Al-Qur’an surat Al-Waqi’ah tiap habis subuh sama habis magrib. Bismillah kalo memang rezeki gak ke mana hehe.

1 comment:

  1. artikelnya bagus kak,
    ini referensi darimana ya nulisnya ?

    Saya juga punya blog tentang Pengetahuan sistem Listrik bisa di lihat2 artikelnya gratis >  Pengetahuan Listrik  <  pengetahuan-listrik.blogspot.com

    ReplyDelete