Saturday 28 January 2017

KAPAN NIKAH?



Kapan nikah? Pertanyaan super mainstream untuk gadis usia 22 tahun ke atas macam kami, aku maksudnya. Kalau di desaku, umur segini tuh udah pada gendong anak, temenku aja udah ada yang anak dua. Aku mah selow, bukan berarti gak mikirin soal nikah. Cuma ya itu, aku punya banyak planning sejak aku masih SD bahkan.

Waktu SMA aku nulis banyak banget keinginan aku sampe umur 30 tahunan, termasuklah mau nikah umur 25 tahun. Dulu, aku sering banget nulis semua list pencapaian dalam hidup. Aku orangnya emang gitu, mesti tertata segala sesuatunya walaupun kadang masih suka teledor. Ayahku yang membuat kami disiplin sejak kecil, tepat waktu, jujur, tepat janji, dan banyak hal positif lainnya. Kenapa sih rajin banget nulisin segala mimpi di kertas terus ditempel di dinding kamar? Ya menurut aku, kita itu adalah supporter terbaik untuk diri kita karena sekuat apapun orang lain menyemangati, tidak akan ada efek kalau kita sendiri loyo.

Aku sudah terbiasa membuat daftar mimpi itu, mulai dari target nilai ulangan Fisika yang mesti dapet nilai 100 sejak SMP, sampai urusan nikah. Ayah tahu soal itu, soal semua daftar mimpiku. Waktu itu Ayah masuk kamar dan senyum ketika lihat kertas putih itu terpampang nyata di kamarku. Dia selalu bilang: “Kalo Yanti banyak planning-nya,” sambil ketawa. Ayahku overprotektif, tapi memang bener, berkat cara didiknya yang disiplin satu per satu daftar mimpi itu sudah aku kasih tanda centang, yang berarti berhasil.

Balik lagi ke soal nikah. Ayahku, bahkan keluargaku bukan tipe keluarga yang terbuka soal pacaran. Lah wong Ayah Ibuku gak pacaran dulunya, tapi kami juga bukan dari keluarga fanatik agama. Kami hanya keluarga biasa yang kalau bisa sopan santun diutamakan, apalagi sama Ayah. Sampai detik ini pun teman-temanku minta izin dulu kalau mau ke rumah, kecuali temen SD ku yang udah paham dan dikenal sama Ayah. Syaratnya, kalau main ke rumah mesti ajak temen cewek meski cuma satu walaupun itu hari lebaran. Dulu sih aku sempet ngedumel soal itu, suka marah-marahnya sama Ibu, kok Ayah gitu banget? Tapi, semakin ke sini aku semakin paham, kalau Ayah harus menjalankan tugas dan tanggungjawbanya dengan baik sebagai seorang ayah.
Terus, kenapa mau nikah umur 25 tahun? Jadilah aku membuat daftar mimpi terbaru waktu kuliah dulu. Kertasnya sekarang masih tersusun rapi di kumpulan buku-buku mimpiku. Daftarnya mulai dari lulus dari Polsri dengan IPK di atas 3,5 dan alhamdulillah tembus angka 3,73. Kemudian punya target kerja di BUMN, waktu itu aku buat list-nya: Pusri, PLN, Pertamina dengan pemikiran lulus kuliah umur 21 tahun, kerja 3-4 tahun buat ngumpulin modal supaya bisa buka butik sendiri, habis itu resign deh buat nikah dan jadi ibu rumah tangga seutuhnya. 

Dan ternyata Allah Maha Baik, meski gak berhasil kerja di BUMN di umur 21 tahun, ngaret 2 tahun nih, tapi alhamdulillah. Semoga kemudian ke depannya segala niat baik ini dimudahkan, entah bakal jadi ibu rumah tangga seutuhnya atau tetap jadi karyawan BUMN, biar Allah saja yang atur. 

Jadi, beneran mau nikah umur 25? Ya bismillah, semoga Allah memudahkan segala jalannya supaya dikasih jalan buat nikah di umur segitu, ya kalau lebih cepat malah lebih baik.



Emang udah ada calonnya? In syaa Allah, doakan saja. Kalau pilihan sudah ada, tinggal mencari ridho-Nya aja. Maunya sama dia, doain aja dikabulin Allah. Siapa tahu besok-besok udah nulis soal lamaran aja kan, siapa tahu.

3 comments:

  1. Hai mba,
    Jodoh insyaAllah diberikan yang terbaik ya oleh Allah. Aamin

    ReplyDelete
  2. Halo
    Iya aamiiin in syaa Allah 😊

    ReplyDelete
  3. Halo
    Iya aamiiin in syaa Allah 😊

    ReplyDelete